PERBANDINGAN LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEEPAY DAN OVO (Study Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu)

Penulis

  • Heni Karmila Universitas Dehasen Bengkulu
  • Eska Prima Monique Universitas Dehasen Bengkulu
  • Nirta Vera Yustanti Utama Universitas Dehasen Bengkulu

Kata Kunci:

Customer Loyalty, ShopeePay, Ovo

Abstrak

Maraknya opsi pembayaran digital untuk memudahkan konsumen dalam bertransaksi dan memenuhi kebutuhan harian konsumen secara online serta memberikan berbagai kemudahan layanan yang bisa didapatkan. Saat ini masyarakat banyak melakukan pembayaran transaksi melalui elektronik. Peningkatan yang dialami ini yang kemungkinan disebabkan karena kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan transaksi elektronik yang dirasakan oleh masyarakat.

Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan loyalitas pelanggan pengguna ShopeePay dan Ovo. Metode analisis data yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji anova one way dengan bantuan program SPSS (statistical package for social science) versi 25.0. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 responden yang terdiri dari 45 responden pengguna aplikasi ShopeePay dan 45 responden pengguna aplikasi Ovo.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui uji One-Way diperoleh nilai p = 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan antara loyalitas pelanggan pengguna aplikasi ShopeePay terhadap loyalitas pelanggan pengguna aplikasi Ovo pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Karmila, H., Monique, E. P. . ., & Utama, N. V. Y. . . (2022). PERBANDINGAN LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEEPAY DAN OVO (Study Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu). Seminar Nasional Ekonomi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1–6. Diambil dari https://proceeding.unived.ac.id/index.php/sn-emba/article/view/118