PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAAN HIGH PROFIL SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2022

Penulis

  • Ima Andriyani Universitas Tridinanti Palembang
  • Ria Asri Yani Universitas IBA

Kata Kunci:

Tingkat Profitabilitas Perusahaan, Corporate Social Responsibility

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan Tingkat Profitabilitas Perusahaan yang diukur melalui Return On Equity (ROE), Return On Asset (ROA), Earnings Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaaan High Profil Sektor Industri Dasar dan Kimia baik secara Simultan maupun secara Parsial. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, Berdasarkan pemilihan sampel kemudian muncul perusahaan-perusahaan yang menjadi sampel penelitian yang memenuhi syarat menjadi subjek penelitian ini yaitu sebanyak 40 (periode pengamatan x Jumlah perusahaan) sampel penelitian.

Analisis data dilakukan melalui uji persyaratan yang terdiri dari uji normalitas yang menggunakan uji Kolmogorov Smirnov, uji homogenitas dan uji Linearitas yang menggunakan analisis regresi dan korelasi antara Tingkat Profitabilitas Perusahaan yang diukur melalui Return On Equity (ROE), Return On Asset (ROA), Earnings Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) sebagai variabel bebas dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel terikat.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Terdapat pengaruh yang signifikan Return On Equity (ROE), Return On Asset (ROA), Earnings Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaaan High Profil Sektor Industri Dasar Dan Kimia. Terdapat pengaruh yang signifikan Return On Equity (ROE) terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaaan High Profil Sektor Industri Dasar Dan Kimia. Terdapat pengaruh yang signifikan Return On Asset (ROA) terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaaan High Profil Sektor Industri Dasar dan Kimia. Terdapat pengaruh yang signifikan Earnings Per Share (EPS terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaaan High Profil Sektor Industri Dasar dan Kimia. Terdapat pengaruh yang signifikan Net Profit Margin (NPM) terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaaan High Profil Sektor Industri Dasar Dan Kimia.

Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan khususnya perusahaan High Profil Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia untuk melakukan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) perusahaannya dengan lebih luas lagi dan memandang bahwa dengan dilakukannya pengungkapan CSR maka akan berdampak pada keberlangsungan perusahaan di masa mendatang.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Andriyani, I., & Yani, R. A. . . (2022). PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAAN HIGH PROFIL SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2022. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 59–72. Diambil dari https://proceeding.unived.ac.id/index.php/sn-emba/article/view/124