Pengaruh Pendapatan Desa Terhadap Belanja Modal Pada Desa Tebat Sibun Kecamatan Talo Kecil Kabupaten Seluma

Penulis

  • Nexy Maynaki Universitas Dehasen Bengkulu
  • Suwarn Universitas Dehasen Bengkulu
  • Wagini Universitas Dehasen Bengkulu

Kata Kunci:

Pendapatan Desa, Belanja Modal

Abstrak

Pendapatan desa adalah semua penerimaan uang melalui rekening desa yang merupakan hak desa dalam 1 (satu) tahun anggaran yang tidak perlu dibayar kembali oleh desa. Sedangkan belanja desa adalah semua pengeluaran dari rekening desa yang merupakan kewajiban desa dalam 1 (satu) tahun anggaran yang tidak akan diperoleh pembayarannya kembali oleh desa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan desa terhadap belanja modal di desa Tebat Sibun kecamatan Talo Kecil kabupaten Seluma. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tentang pengaruh dana transfer pendapatan desa terhadap belanja modal di desa Tebat Sibun kecamatan Talo Kecil kabupaten Seluma, maka dapat disimpulkan bahwa hasil nilai regresi sederhana Y = -0,111 + 1,542 X dan nilai korelasi (R) sebesar 0,166 serta koefisien determinan (R square) sebesar 0,249 yang berarti pengaruh dana transfer pendapatan desa terhadap belanja modal sebesar 2,49%. Nilai T hitung lebih kecil dari T tabel, yaitu 0,633 < 3,182. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh Pendapatan Dana Transfer Desa terhadap Belanja Modal di Desa Tebat Sibun Kecamatan Talo Kecil Kabupaten Seluma.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Maynaki, N., Suwarn, & Wagini. (2022). Pengaruh Pendapatan Desa Terhadap Belanja Modal Pada Desa Tebat Sibun Kecamatan Talo Kecil Kabupaten Seluma. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 127–132. Diambil dari https://proceeding.unived.ac.id/index.php/sn-emba/article/view/132