STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENGGUNAAN JASA DI HOTEL SPLASH BENGKULU

Penulis

  • Riyani Monita Universitas Dehasen Bengkulu
  • Sri Handayani Universitas Dehasen Bengkulu
  • Nenden Restu Hidayah Universitas Dehasen Bengkulu

Kata Kunci:

SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats

Abstrak

Dengan memanfaatkan analisis SWOT, sebuah perusahaan dapat mengevaluasi kebijakan strategis perusahaan dan sistem perencanaan dan pengembangan melalui pertimbangan faktor internal dan eksternal perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal dalam pemasaran penggunaan jasa di Hotel Splash Bengkulu serta menentukan prioritas strategi dan merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran penggunaan jasa di Hotel Splash Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel diambil dengan teknik insidental sampling. Sebanyak 25 sampel yang terdiri dari 5 faktor internal yaitu 5 orang karyawan divisi marketing Hotel Splash Bengkulu dan 20 faktor eksternal yaitu pelanggan/konsumen Hotel Splash Bengkulu. Data dikumpulkan dengan teknik: kuesioner, dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Hotel Splash Bengkulu berdasarkan hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi strategi pemasaran Hotel Splash Bengkulu berada pada kuadran I (berada pada 5,17 untuk peluang dan 1,09 untuk kekuatan). Hal ini merupakan situasi yang menguntungkan dimana perusahaan memiliki peluang dan kekuatan yang sangat baik. Dari hasil tersebut diperoleh nilai IFAS untuk kekuatan sebesar 6,53 dan kelemahan sebesar 5,44, sedangkan untuk nilai EFAS diperoleh nilai peluang sebesar 13,88 dan nilai ancaman sebesar 8,71. Strategi yang harus dilakukan oleh pihak marketing Hotel Splash Bengkulu dalam melakukan pemasaran yaitu dengan memaksimalkan fasilitas dan lokasi yang ada dengan melakukan promosi yang gencar, mengadakan paket-paket perjalanan atau program perjalanan ke tempat-tempat wisata yang ada di kota Bengkulu dan selalu mengeluarkan paket-paket promo, serta melakukan penyebaran informasi untuk mengantisipasi penawaran-penawaran yang menarik dari para pesaing.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Monita, R., Handayani, S. . ., & Hidayah , N. R. . . (2022). STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENGGUNAAN JASA DI HOTEL SPLASH BENGKULU. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 109–126. Diambil dari https://proceeding.unived.ac.id/index.php/sn-emba/article/view/131