ANALISIS STRATEGI BISNIS MODEL CANVAS DAN CORPORATE LIFECYCLES PADA UMKM ALIF KUE BAY TAT KOTA BENGKULU
Kata Kunci:
Strategi, Bisnis Model Canvas, Siklus Hidup PerusahaanAbstrak
UMKM memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi, namun tidak semua pelaku bisnis dapat bertahan menghadapi hambatan-hambatan termasuk pada saat pandemi Covid-19, pelaku usaha mengalami penurunan bahkan gulung tikar. Strategi bisnis merupakan faktor utama sukses tidaknya suatu usaha, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai keberhasilan UMKM Alif Kue Bay Tat dalam mengembangkan usahanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan pemilik usaha, menggunakan teknik analisis data Miles dan Hubermen serta menggunakan teknik triangulasi sebagai ukuran validitas data. Strategi UMKM Alif dapat menyesuaikan klasifikasi produk sesuai dengan pelanggan yang dituju, untuk dapat mempertahankan bisnis di masa pasca pandemi. Berdasarkan konsep business model canvas, mereka dapat menemukan segment pelanggan sesuai nilai produk, menggunakan media dan pameran sebagai saluran untuk menjual produk, dan menjaga hubungan pelanggan dengan penjualan langsung, dan pembelian minimum bonus sebagai bentuk peningkatan penjualan dan toko mitra. Secara teoritis, siklus hidup perusahaan UMKM Alif memasuki siklus go-go dimana mereka telah merealisasikan ide-ide yang telah diperhitungkan, sehingga untuk memasuki tahapan selanjutnya, UMKM Alif perlu memasuki tahapan-tahapan agar dapat terus berlanjut. berkembang dan berkelanjutan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 wiwin Saputra, Silke Sachanovrissa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.