FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNA SHOPEE PAY LATER DI BENGKULU FACTORS AFFECTING USER INTEREST SHOPEE PAY LATER IN BENGKULU

Penulis

  • Alfin Iman Farizqi Universitas Dehasen Bengkulu
  • Ahmad Soleh Universitas Dehasen Bengkulu
  • Muhammad Rahman Febliansa Universitas Dehasen Bengkulu

Kata Kunci:

Kecepatan Persetujuan, Peningkatan Efektifitas, Peningkatan Produktifitas, Kemampuan Membayar dan Keamanan, Minat Pengguna Shopee Pay Later

Abstrak

Organisasi merupakan alat atau wadah yang statis. Organisasi didirikan sebagai suatu wadah untuk  mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah kecepatan persetujuan, peningkatan efektifitas, peningkatan produktifitas, kemampuan membayar dan keamanan secara bersamaan mempengaruhi minat pengguna pinjaman online. Metode yang digunakan dalam pengambilan data untuk penelitian ini adalah kuesioner. Adapun metode analisis data pada penelitian ini adalah Uji Instrumen Penelitian Regresi Linear Berganda Koefisien Determinasi Hipotesis. Terdapat pengaruh kecepatan persetujuan pinjaman (X1), peningkatan efektivitas (X2), peningkatan produktivitas (X3), kemampuan membayar (X4) dan keamanan (X5) terhadap minat pengguna shopee pay later (Y)  baik secara parsial maupun simultan. Penelitian Ini menggunakan sampel kecil sebanyak 90 responden. Selain itu objek penelitian hanya 1 online shop pay later. Informasi yang disajikan yaitu data yang bersangkutan dengan pengaruh kecepatan, efektifitas, produktifitas, kemampuan membayar, persepsi keamanan terhadap minat pengguna pinjaman online tersebut. Penelitian ini mengkombinasikan teori UTAUT dan TPB pada Interest/intention dari seorang pengguna shopee pay later yang masih sangat minim. Future research diharapkan menambahkan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti variabel trust dan experiennce dimana kedua aspek ini masih menjadi kendala dalam sebuah pay later. Selain itu Future research membuat sampel penilitian yang besar lagi seperti skala nasional atau pun internasional.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Farizqi, A. I., Soleh, A. . ., & Febliansa, M. R. . . (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNA SHOPEE PAY LATER DI BENGKULU FACTORS AFFECTING USER INTEREST SHOPEE PAY LATER IN BENGKULU. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 21–32. Diambil dari https://proceeding.unived.ac.id/index.php/sn-emba/article/view/120

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama