MARKETING STRATEGY FOR MAINTAINING BUSINESS EXISTENCE IN THE FACE OF CURRENT ECONOMIC UNCERTAINTY IN BENGKULU'S CARDINAL TAILOR BUSINESS
Kata Kunci:
Marketing Mix, Strategi Pemasaran, TailorAbstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran mempertahankan usaha dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran Cardinal Tailor dalam mempertahankan usahanya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara langsung, data yang penulis gunakan adalah data yang penulis dapatkan secara langsung dari pemilik penjahit, karyawan dan pelanggan yang berlangganan di Cardinal Tailor. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan ada beberapa pembahasan yaitu strategi, faktor pendukung dan penghambat. Strategi pemasaran yang digunakan Cardinal Tailor yaitu Bauran Pemasaran 4P (Product, Promotion, Price, dan Place). Strategi produk berupa inovasi penambahan jilbab seragam sekolah, strategi promosi melalui media sosial, strategi price yaitu pemberian potongan harga, dan strategi place berupa tempat yang terjangkau dikunjungi pelanggan karena berada di tengah kota dan tidak jauh dari sekolah maupun perkantoran, sehingga dapat mempertahanlan dan meningkatkan penjualan produk. Meskipun terhambat oleh faktor keuangan dan kurangnya promosi melalui media sosial, tetapi Cardinal Tailor masih bisa menemukan solusi dan alternatif yaitu dengan memberikan inovasi produk dan memaksimalkan pelayanan dalam memberikan kepuasan konsumen untuk tetap menjadi pelanggan. Pendukung Cardinal Tailor dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi saat ini adalah karena memaksimalkan eksistensi, inovasi serta layanan dan karena adanya pelanggan yang loyal.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Fitri Kurniawati, Ahmad Soleh
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.